welcome to my blog

Senin, 07 November 2011

Tips Merawat Baterai Laptop

Tips merawat baterai laptop/notebook/netbook agar awet dan tahan lama. Setiap baterai memiliki umur yang telah ditentukan berdasarkan banyaknya siklus pengecasan dilakukan, selain itu suhu dan cara perawatan juga menentukan usia dari battery laptop.  Berikut cara perawatan baterai laptop agar awet dan tahan lama  :

  • ·         Lakukan pengisian penuh pada baterai laptop baru Anda dan biarkan beberapa jam setelah terisi penuh.
  • ·         Pasang baterai setelah pengisian penuh (fully charged 100%), baterai tidak perlu dilepas jika suhu CPU dan Hard Disk (HDD) berkisar antara 40°C hingga 50°C. Walaupun pengisian sudah penuh, energi listrik yang masuk tidak akan mengisi baterai.


  • ·         Lepas Jika penggunaan laptop yang berlebihan (seperti bermain game yang butuh energi maksimal) dan dalam jangka waktu lama yang membuat suhu CPU dan HDD di atas 60°C. Panas yang berlebihan pada perangkat lain dapat menjalar ke baterai, sehingga mempengaruhi battery dan pada akhirnya umur dari baterai akan pendek karena kapasitas penyimpanan yang berkurang.

  • ·         Jika baterai tidak digunakan simpanlah baterai pada suhu yang dingin dan kering. Sebelum melepas baterai, isi baterai hingga penuh terlebih dahulu, dan jangan didiamkan terlalu lama.

  • ·         Isi baterai hingga penuh, dan lakukan pengisian jika kapasitas baterai telah mendekati 10%. Dan jangan tunggu  hingga laptop mati karena dapat mempengaruhi kinerja battery. 
Lakukan kalibrasi  baterai laptop Anda jika kapasitas penyimpanan sudah mulai berkurang, hal ini terjadi karena pengaruh dari memory baterai. Caranya dengan pengosongan penuh  yaitu dipakai hingga baterai habis kemudian didiamkan sebentar dan lakukan pengisian hingga penuh, dengan begini diharapkan baterai akan kembali ke kondisi sewajarnya dalam menyimpan daya.

Adapun juga software batterycare untuk mengontrolbattery laptop anda, software ini juga dapat digunakan untuk mengecek suhu laptop dan harddisk


2 komentar: