welcome to my blog

Rabu, 19 Oktober 2011

cara belajar yang efektif

Pasti sering bingung kan bagaimana cara belajar yang tepat? Kenapa  kita belajar setiap waktu , tapi masih sulit untuk menghafal, bingung dan tidak paham, hafalnya hanya saat itu juga, nanti kalau sudah sehari udah lupa lagi dan kesulitan untuk memecahkan suatu persoalan yang padahal sudah kita pelajari pada waktu-waktu sebelumnya. Untuk itu saya beri tips buat belajar yang tepat dan efektif :

Pilih waktu yang tepat
Kita harus memilih waktu yang tepat entah pagi, siang ato malam. Waktu untuk belajar kita harus bisa nentuin mana yang terbaik atau nyaman buat kita belajar dan bisa konsentrasi.


Tempat yang nyaman
Agar efektif belajar kita juga perlu memilih tempat yang nyaman agar pelajaran yang kita pelajari dapat di mengerti

Suasana yang tenang
Dimana suasana tidak boleh gaduh dan tenang sehingga konsentrasi kita untuk belajar tidak terganggu oleh suara-suara dari luar. Suasana sebagai unsur oenting pendukung efektifnya belajar
 
Membuat kelompok belajar
Dengan membuat kelompok belajar kita dapat lebih mudah untuk memahami sesuatu pelajaran dimana ketika kita tidak bisa dalam pelajaran tersebut kita dapat bertanya kepada teman yang mungkin sudah bisa untuk mengajarkan kepada kita
 Sedikit demi sedikit
Kita tidak dapat belajar dengan cara SKS (sistem kebut semalam) agar efektif kita perlu belajar sedikit demi sedikit agar pelajaran yang di dapat bisa terserap dengan baik.

Membuat ringkasan
Agar belajar tidak merasa bosan dengan terlalu banyak membaca buatlah ringkasan tentang pelajaran yang akan di pelajari .



Tidak ada komentar:

Posting Komentar